Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

REKLAME

     Hai adik-adik kelas 6 SD, di era globalisasi saat ini banyak sekali masyarakat yang membeli produk-produk dari luar negeri, seperti televisi, HP, mobil dan bebrapa peralatan elektronik yang lain. Sehingga banyak produk lokal yang kalah bersaing dengan barang dari luar negeri. Salah satu bukti kecintaan kita kepada tanah air adalah bangga menggunakan produksi dalam negeri. Reklame bisa dijadikan sebagai sarana promosi produksi dalam negeri. Kali ini kita akan membahas materi reklame untuk kelas 6 SD.

Pengertian Reklame

Pengertian reklame secara umum adalah suatu media yang digunakan untuk bisa menyampaikan informasi secara singkat kepada khalayak ramai secara kontinyu, baik melalui media gambar, teks, atau audio.

Pada umumnya, reklame mengandung gambar yang mencolok terkait produk yang akan dipromosikan atau pesan lain yang ingin disampaikan. Tujuan utamanya adalah untuk menimbulkan reaksi dari banyak orang dan juga mengajak mereka untuk bisa melakukan berbagai hal yang memang ingin disampaikan.

Perbedaan Reklame dan Iklan

Satu-satunya hal yang membedakan reklame dengan iklan adalah isi konten yang ada didalamnya. Jika pada umumnya iklan memiliki bentuk teks penyampaian yang lebih panjang dan sangat detail terkait produk barang atau jasa yang dipromosikannya, namun reklame akan cenderung lebih singkat.


Reklame akan dihiasi dengan seni grafis yang mampu memikat hati setiap pembacanya. Walaupun memang secara fungsi dan tujuan dari keduanya sangat lah mirip, tapi keduanya memiliki perbedaan yang cukup menonjol.

Tujuan Reklame

Tujuan reklame untuk menginformasikan, meyakinkan, mengingatkan dan menawarkan suatu barang, jasa kegiatan atau pesan tertentu.

Fungsi Reklame

Reklame memiliki banyak sekali fungsi dalam dunia bisnis, yaitu:

1. Membujuk atau mengajak calon konsumen untuk menggunakan jasa atau membeli produk yang sudah diinformasikan.

2. Memberikan informasi yang jelas dan singkat pada calon konsumen terkait produk barang atau jasa yang dipromosikan.

3. Memberikan kesan baik pada konsumen pada suatu brand, produk barang atau jasa sesuai dengan yang diinformasikan.

4. Memberikan Rasa puas pada konsumen pada produk atau jasa yang sudah diinformasikan, sebagai media komunikasi antar para penjual dan juga konsumen.

Sedangkan fungsi reklame pada suatu gerakan sosial adalah:

A. Mengajak masyarakat untuk mau menuruti dan mengikuti aturan ataupun peringatan sesuai himbauan.

B. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya, peringatan, kejadian, atau informasi penting lainnya yang memang harus dimengerti. Salah satu contohnya adalah spanduk terkait larangan membuang sampah, menjaga keamanan lingkungan, dll.


Ciri-ciri Reklame

Dalam hal pembuatannya, reklame wajib memiliki berbagai unsur atau ciri tertentu agar bisa disebut sebagai reklame. Ciri-ciri dari reklame tersebut adalah sebagai berikut:

ᐉ Isi reklame harus singkat, padat, dan jelas, sehingga akan lebih mudah dimengerti oleh mereka yang membacanya.

ᐉ Reklame harus menarik dan mencolok. Hal tersebut bisa dilakukan dari cara penempatan gambar, penebalan font, atau hal lainnya yang terdapat pada desain grafis untuk mengundang perhatian. Selain itu juga bisa berbentuk visual seperti papan iklan atau billboard.

ᐉ Jujur, produk atau hal lainnya harus bisa diinformasikan secara jujur dan bisa dibuktikan, sehingga akan memberikan kepuasan pada konsumen.

ᐉ Dilakukan berulang-ulang, tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan minat konsumen untuk membeli barang atau semakin banyak masyarakat yang paham atas himbauan yang sudah diberikan.

Jenis-jenis reklame, pengertian dan contoh reklame antara lain sebagai berikut;

1. Iklan
Iklan adalah jenis reklame singkat yang bertujuan mempromosikan barang atau jasa dalam bentuk visual(tulisan dan gambar) pada media cetak atau elektronik. Berikut ini contoh reklame iklan.

reklame-iklan-koran
Contoh Reklame "Iklan"

2. Spanduk
Spanduk adalah reklame yang memuat informasi reklame komersial atau non komersial yang dibuat secara ringkas, padat dan jelas menggunakan kain dan sejenisnya yang dibentangkan diantara dua tiang di tempat strategis dan ramai. Berikut ini contoh reklame spanduk.

Reklame-spanduk
Contoh Reklame "Spanduk"

3. Brosur
Brosur merupakan reklame yang dibuat pada selembar kertas dengan isi informasi yang lebih rinci dan jelas, disampaikan dengan cara disebarluaskan secara langsung agar dibaca dan dipahami konsumen/ target. Berikut ini contoh reklame brosur.

reklame-brosur
Contoh Reklame "Brosur"

4. Embalase
Embalase adalah jenis reklame yang ditempatkan langsung pada kemasan produk, berfungsi sebagai daya tarik, pemberitahuan, informasi tentang produk tersebut.

reklame-embalase
Contoh Reklame "Embalase"

5. Poster
Poster adalah jenis reklame berupa selembaran kertas yang berisi gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin dan ditempatkan dengan cara ditempel ditempat-tempat umum yang strategis. Berikut ini contoh reklame poster.

reklame-poster
Contoh Reklame "Poster"

6. Baliho
Baliho adalah jenis reklame yang berisi gambar/ tulisan menarik dan informatif dengan ukuran besar, ditempatkan di tempat umum dan strategis menggunakan tiang besar dan kuat dan bersifat semi permanen. Berikut ini contoh reklame baliho.
reklame-baliho
Contoh Reklame "Baliho"

7. Billboard
Billboard adalah jenis reklame yang berisi gambar atau tulisan yang menarik dan informatif dengan ukuran besar, ditempatkan pada atap dinding pertokoan atau instansi tertentu dengan sifat permanen.

reklame-billboard
Contoh Reklame "Billboard"

8. Banner
Banner adalah jenis reklame dengan bentuk kotak (potrait) biasanya dicetak dengan digital printing menggunakan MMT ditempatkan depan toko atau instansi menggunakan penyangga.

reklame-banner
Contoh Reklame "Banner"

9. Leaflet
Leaflet adalah jenis reklame yang berupa lembaran kecil yang dilipat lipat, berisi informasi lengkap dan rinci. Penyampaiannya dilakukan dengan cara diletakkan ditempat yang mudah diambil, disebarkan atau diberikan langsung kepada konsumen/ target. Berikut ini contoh reklame leaflet.

reklame-leaflet
Contoh Reklame "Leaflet"

10. Kalender
Kalender adalah pemberian nama pada periode waktu dalam sebuah sistem yang divisualisasikan pada media cetak atau elektronik. Kalender dalam bentuk media cetak dapat digunakan sebagai reklame dengan memberikan tambahan gambar dan tulisan sebagai reklame visual pada bagian depan atau bagian atas kalender. Berikut ini contoh reklame kalender.

reklame-kalender
Contoh Reklame "Kalender"

Selain jenis-jenis reklame dan contoh reklame yang saya sampaikan di atas, masih banyak lagi jenis reklame lainnya yang belum dapat saya rangkum dan saya tulis pada artikel ini.

Berdasarkan sifatnya reklame dibedakan menjadi tiga yaitu:

Reklame peringatan. Reklame peringatan adalah reklame yang memiliki sifat berupa peringatan untuk melakukan sesuatu. Semisal reklame untuk tertib lalu lintas.
Reklame penerangan. Reklame penerangan adalah reklame yang informasinya berupa pemberitahuan ke masyarakat umum. Semisal reklame informasi tentang kesehatan.
Reklame ajakan atau permintaan. Reklame ajakan atau permintaan adalah reklame yang bersifat mengajak atau meminta masyarakat untuk mengikuti suatu imbauan. Semisal reklame donor darah.


Posting Komentar untuk "REKLAME"