Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA 3 BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN PEMBELAJARAN 1

TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN  SUBTEMA 3 BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN  PEMBELAJARAN 1 -  Berikut ini Bu Guru Bagikan Bahan Ajar Kelas 4 yang bisa kalian pelajari di rumah ya


BAHAN AJAR TEMATIK
KELAS 4 SD/ MI

TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN

SUBTEMA 3 BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN

PEMBELAJARAN 1


Satuan Pendidikan : SDN 1 KALIGONDANG

Kelas / Semester : IV (empat) / 1

Tema 1 : Indahnya Kebersamaan

Sub Tema 3 : Bersyukur atas keberagaman

Pembelajaran : 1 (satu)

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran


KOMPETENSI INTI (KI)


1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,percaya diri, dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga, serta cinta tanah air.

3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya,dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.

4. Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif,kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas,sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.


A. TUJUAN

  • Siswa mampu menganalisis keberagaman budaya berupa makanan tradisional di Indonesia dengan benar.
  • Siswa mampu menunjukkan hasil identifikasi mengenai keberagaman budaya di Indonesia dengan terampil.
  • Siswa mampu membuat gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan tepat.
  • Siswa mampu mempresentasikan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat dan terampil.

Siapakah diantara kalian yang mengetahui jenis makanan tradisional di bawah ini? Bagaimana bahan dasarnya dan proses pembuatannya?







 




Ayo membaca!

“Mensyukuri Keberagaman Makanan Tradisional”


Indonesia merupakan negara yang terdiri atas berbagai suku bangsa dan memiliki keanekaragaman di berbagai bidang, salah satunya adalah makanan khas daerah.

Pada awalnya kita hanya bisa menemukan makanan-makanan khas daerah di tempat asalnya saja. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, kini kita dapat menemukan makanan khas daerah di berbagai macam tempat, tidak hanya di daerah asalnya saja. Contohnya, pempek dan tekwan adalah makanan khas Palembang, kita bisa menemukan penjual pempek dan tekwan di berbagai daerah, bahkan di mancanegara.

Indonesia adalah negara yang sangat luas dan memiliki berbagai keanekaragaman budaya yang berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya. Begitu juga dengan hal kuliner yang setiap daerah memiliki makanan khas daerahnya masing-masing.

Berikut ini adalah daftar makanan daerah yang ada di Indonesia :


Tabel 1 Makanan Khas Daerah
Keterangan urutan
Gambar
Nama
Daerah Asal





Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Getuk_goreng

Getuk Goreng
Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah





Sumber : https://kuepraktis.yaho-mart.com/resep-gudeg-jogja-paling-enak-resep-masakan-sederhana/
Gudeg
Yogyakarta





Sumber : https://www.beepdo.com/137514/cara-membuat-empek-empek-yang-mudah-dan-praktis
Empek-empek
Palembang




Sumber : http://www.dapurkobe.co.id/kerak-telor
Kerak Telor
Jakarta





Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/papeda
Papeda / Bubur sagu
Maluku dan Papua

Ayo membaca!

“Dodol Betawi Mak Salmah”


Sebentar lagi kota Jakarta akan berulang tahun. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Mak Salmah menerima banyak pesanan. Mak Salmah adalah pembuat dodol tradisional Betawi di kampungnya. Biasanya, ketika menyambut ulang tahun kota Jakarta banyak pertokoan yang mengadakan Festival Betawi. Makanan betawi menjadi jajanan di festival. Kerak telor, bir pletok, dan dodol betawi menjadi primadona makanan dalam menyambut dirgahayu Jakarta.

Sudah sejak seminggu yang lalu Mak Salmah bekerja keras. Ia dan beberapa ibu-ibu tetangganya membuat adonan dodol. Ketan, gula merah, gula pasir, dansantan dicampur menjadi satu. Membuat dodol betawi membutuhkan kerja sama.Tidak hanya perempuan, laki-laki pun terlibat dalam pembuatannya. Biasanya,Mak Salmah dan ibu-ibu menyiapkan bahan, memarut kelapa, dan menumbuk beras ketan. Adonan dituang kawa, lalu diaduk hingga kental. Proses mengaduk ini dilakukan terus menerus selama 8-12 jam. Pembuatannya memang berat dan lama. Oleh karena itu, pembuatan dodol betawi membutuhkan kerja sama.

Untuk memenuhi pesanannya, Mak Salmah selalu melibatkan tetangga-tetangganya. Mak Salmah ingin rejeki yang diperolehnya dari dodol Betawi tidak dirasakannya sendiri. Mak Salmah juga ingin dodol Betawi selalu dikenal. Ia ingin warga di sekitarnya juga ikut melestarikan makanan tradisional milik kampung sendiri. Dodol Betawi Mak Salmah ikut melestarikan budaya, memupuk kerjasama, serta menjalin keakraban antarwarga

Posting Komentar untuk "TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA 3 BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN PEMBELAJARAN 1"