Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Materi Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 1

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 4 subtema 1 Peredaran darahku sehat - Anak-anak kelas 5 yang selalu semangat, kali ini pak guru akan membagikan Rangkuman materi kelas 5 tema 4 subtema 1 peredaran darahku sehat. 

Pak Guru Harap dengan rangkuman ini bisa membuat kalian lebih mudah dalam memahami materi tematik tema 4 kurikulum 2013 dengan judul “Sehat itu Penting ”. Dengan ini kalian dapat memanfaatkannya untuk belajar di rumah. 

Rangkuman Materi Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 1 Muatan PPKn

Pengertian Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab.

Hak adalah sesuatu yang dimiliki setiap orang secara mutlak yang sifatnya bebas namun terbatas. Kewajiban adalah sesuatu yang harus seseorang lakukan dengan penuh tanggung jawab. Sedangkan 
Tanggung jawab adalah sikap yang dimiliki seseorang untuk melakukan sesuatu yang menjadi tanggungannya, tanpa diperintah orang lain.

Contoh tanggung jawab kita sebagai warga masyarakat, antara lain:


a. menolong tetangga yang sedang membutuhkan.
b. saling menghormati dan menghargai antar sesama.
c. ikut serta menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan masyarakat.

Dalam mengambil keputusan bersama dengan cara:


a. Aklamasi, penunjukan secara langsung oleh semua peserta musyawarah.
b. Musyawarah untuk mufakat
c. Voting atau pungutan suara, dilakukan jika musyawarah mufakat belum bisa mencapai keputusan bersama.

Bentuk tanggung jawab kita sebagai peserta musyawarah antara lain:

a. menerima keputusan bersama dengan lapang dada.
b. melaksanakan hasil keputusan bersama dengan penuh tanggung jawab.

Nilai dasar dalam melakukan kegiatan musyawarah, antara lain:

a. kebersamaan
b. persamaan hak
c. bebas mengemukakan pendapat
d. penghargaan pada pendapat orang lain
e. pelaksaan hasil keputusan dengan tanggung jawab.

Jika seseorang sadar dan mau melaksanakan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab maka akan tercipta rasa keharmonisan. Dan sebaliknya jika seseorang tidak mau melaksanakan kewajibannya maka akan timbul kekacau di tengah masyarakat.

Hak sebagai warga negara antara lain;

a. Mendapatkan pendidikan, sesuai pasal 31 UUD 1945.
b. Mendapatkan pekerjaan
c. Mendapatkan perlindungan hukum
d. Pasal 34 UUD 1945 bahwa Fakir miskin dan anak anak terlantar dipelihara oleh negara.

Kewajiban warga negara;

a. Membela tanah air
b. Membayar pajak
c. Mentaati peraturan perundang undangan

Indonesia adalah negara yang memiliki ciri khas yaitu beragamnya kebudayaan yang ada. Sebagai warga negara, kita harus mempertahankan bahkan meningkatkan Budaya dan sosial bangsa Indonesia. Hal ini dikarenakan menjadi tanggung jawab warga masyarakat Indonesia.

Tanggung jawab budaya dan sosial di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Membiasakan musyawarah mufakat dalam mengambil ke putusan bersama.
2. Membiasakan tolong-menolong antar warga masyarakat.
3. Ikut serta dalam kegiatan kerja bakti atau gotong-royong dalam masyarakat.
4. Menjaga interaksi yang baik antar warga masyarakat.
5. Membiasakan interaksi yang mengarah ke persatuan.
6. Menghindari interaksi yang mengarah ke perpecahan.

Rangkuman Materi Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 1 Muatan Bahasa Indonesia

Pengertian Pantun

Pantun adalah bentuk puisi Indonesia (Melayu). Tiap bait biasanya terdiri atas empat baris dan bersajak (a-b-a-b). Dalam setiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata. Baris pertama dan baris kedua disebut sampiran. Sampiran untuk mengantarkan rima. Baris ketiga dan keempat disebut isi. Isi merupakan tujuan atau maksud dari pantun.

Ciri-ciri pantun

1. pantun bersajak a-b-a-b,
2. satu bait terdiri atas empat baris,
3. tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata.
4. baris 1 dan 2 adalah sampiran
5. baris 3 dan 4 adalah isi

Pantun terdiri atas dua (2) bagian, yaitu

1. sampiran merupakan kata-kata dalam dua baris pertama atau baris kesatu dan kedua di setiap bait,
2. Isi, merupakan kata-kata dalam dua baris terakhir, atau baris ketiga dan keempat di setiap bait.

Penggolongan Pantun

Pantun dapat digolongkan menjadi tiga (3) sesuai siklus kehidupan (usia) manusia. Ada pantun kanak-kanak, pantun muda, dan pantun tua. Pantun kanak-kanak berisi tentang suka cita. Pantun muda berisi tentang perkembangan. Pantun tua berisi tentang nasihat. Berikut contoh ketiga pantun tersebut.
Pantun memiliki dua bagian, yaitu sampiran (baris pertama dan kedua) dan isi (bait ketiga dan keempat).  Pantun banyak macamnya dan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

Berdasarkan siklus kehidupan (usia), pantun dibedakan menjadi tiga.

  • Pantun anak-anak, yaitu pantun yang memiliki kaitan dengan masa kanak-kanak yang menggambarkan makna suka cita maupun duka cita.
  • Pantun orang muda, yaitu pantun mengenai kehidupan masa muda yang berisi atau bermakna perkenalan, hubungan asmara dan rumah tangga, perasaan (kasih sayang, iba, iri), dan nasib.
  • Pantun orang tua, yaitu pantun mengenai orang tua mengenai adat budaya, agama, dan nasihat.

Berdasarkan isinya, pantun dibedakan sebagai berikut.

  • Pantun jenaka adalah pantun yang berisi hal-hal lucu dan menarik
  • Pantun nasihat adalah pantun yang berisi nasihat dengan tujuan mendidik dan memberikan nasihat moral, budi perkerti, dan lainnya.
  • Pantun teka-teki adalah pantun yang berisikan teka teki dan pendengar atau pembaca diberi kesempatan untuk menjawab atau membalas teka-teki pantun tersebut.
  • Pantun kiasan adalah pantun yang berisi perumpamaan atau ibarat, biasa digunakan untuk menyampaikan suatu hal secara tersirat.

Rangkuman Materi Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 1 Muatan IPA

Alat Peredaran Darah Pada Manusia

Sistem peredaran darah pada manusia tidak akan bisa terjadi jika tidak ada organ-organ peredaran darah. Apakah kalian tahu, Apa saja organ peredaran darah yang terlibat dalam system peredaran darah manusia? Agar kalian lebih memahaminya, kita simak alat peredaran darah pada manusia

Jantung

Jantung adalah organ tubuh manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung memompa darah dengan cara berkontraksi dan berelaksasi secara bergantian, sehingga jantung berdenyut, mengembang, dan mengempis.

Jantung terletak di dalam rongga dada sebelah kiri. Ukuran jantung kira-kira sebesar kepalan tangan pemiliknya. Jantung tersusun atas kumpulan otot-otot yang sangat kuat yang disebut miokardium. Jantung terdiri atas empat ruang, yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri.




Antara bagian kanan dan kiri jantung dibatasi oleh sekat jantung yang disebut katup jantung. Katup jantung berfungsi untuk mencegah bercampurnya darah yang mengandung oksigen dengan darah yang mengandung karbon dioksida.

Otot penyusun bilik jantung lebih tebal daripada otot pada serambi jantung. Hal ini disebabkan tugas bilik jantung lebih berat. Tugasnya, yaitu memompa darah keluar dari jantung ke seluruh bagian tubuh. Kontraksi dan relaksasi pada jantung mengakibatkan terjadinya denyut jantung atau denyut nadi. Ketika jantung memompa darah ke dalam pembuluh nadi, pembuluh tersebut ikut berdenyut.

Dengan demikian, melalui denyut nadi kamu dapat mengetahui denyut jantung. Denyut nadi akan terasa jelas dengan menekan pembuluh nadi pada pergelangan tangan dan bagian leher di bawah telinga. Untuk dapat menghitung denyut nadi, ayo lakukan percobaan berikut,

Coba kamu hitung denyut nadimu dengan langkah-langkah berikut.

  • Tempel dan tekankan (jangan terlalu keras) tiga jarimu (telunjuk, tengah, manis) pada pergelangan tangan yang lain. Temukan denyut nadimu.
  • Hitunglah denyut nadimu selama 15 detik. Kemudian, hasilnya dikalikan 4.
Kecepatan denyut jantung tergantung kegiatan yang dilakukan. Ketika sedang beristirahat, jantung berdenyut kira- kira 60 sampai 80 kali setiap menit. Kecepatan denyut jantung dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, dan kondisi kesehatan. Semakin aktif tubuhmu, denyut jantungmu semakin aktif. Alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan denyut jantung disebut elektrokardiograf.

Pembuluh Darah

Apakah dirumah kalian menyiram tanaman? Pernahkah kalian mengamati bagaimana air dari keran bisa sampai ke ujung keran dan kalian gunakan untuk menyiram tanaman?. Jika diibaratkan pembuluh adalah selang yang digunakan untuk menyalurkan air.



Pada sistem peredaran tubuh manusia, Pembuluh darah adalah jalur untuk darah yang mengalir ke seluruh tubuh dari jantung ke jaringan tubuh, begitu juga dengan sebaliknya. Pembuluh darah terdiri dari tiga macam yaitu pembuluh arteri, pembuluh vena dan pembuluh kapiler.

Arteri

Pada pembuluh arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah dari jantung menuju pembuluh darah kapiler. Fungsi dari pembuluh darah ini adalah mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Vena

Pada pembuluh darah vena, berfungsi untuk mengangkut karbon dioksida, menyalurkan darah dari seluruh tubuh menuju jantung.
 

Kapiler

Pembuluh kapiler merupakan pembuluh darah kecil dengan diameter kurang lebih 5-10 ┬Ám. Pembuluh kapiler merupakan penghubung antara pembuluh arteri dan vena di mana tempat terjadinya pertukaran zat, absorbsi nutrisi pada usus, filtrasi pada ginjal, absorbsi sekret kelenjar.

Paru Paru

Paru-paru juga memiliki peranan yang penting dalam proses peredaran darah. Dalam proses peredaran darah, paru-paru berperan sebagai penyuplai oksigen ke dalam darah. Darah yang telah diedarkan ke seluruh tubuh tidak lagi mengandung oksigen. Akan tetapi banyak mengandung karbon dioksida.

Setelah kembali ke jantung, darah yang akan mengandung karbon dioksida tersebut dipompa ke dalam paru-paru. Selanjutnya, karbon dioksida diambil dan diganti dengan oksigen melalui proses pernapasan.

Paru-paru terdiri atas ribuan tabung bercabang. Tabung bercabang yang jumlahnya ribuan semakin ke ujung semakin mengecil. Pada ujung yang mengecil terdapat kantong udara. Knatong udara tersebut dinamakan “alveoli”. Masing-masing alveoli memiliki jaringan halus kapiler. Pada jaringan halus kapiler inilah tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida.




Darah

Darah adalah cairan yang terdapat pada semua mahkluk hidup yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri. Sedangkan Darah manusia adalah cairan di dalam tubuh yang berfungsi untuk mengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh.

Fungsi utama dari darah adalah mengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh. Darah juga menyuplai jaringan tubuh dengan nutrisi, mengangkut zat-zat sisa metabolisme, dan mengandung berbagai bahan penyusun sistem imun yang bertujuan mempertahankan tubuh dari berbagai penyakit.


Sistem Peredaran Darah

Manusia memiliki sistem peredaran darah tertutup yang berarti darah mengalir dalam pembuluh darah dan disirkulasikan oleh jantung. Darah dipompa oleh jantung menuju paru-paru untuk melepaskan sisa metabolisme berupa karbon dioksida dan menyerap oksigen melalui pembuluh arteri pulmonalis, lalu dibawa kembali ke jantung melalui vena pulmonalis. Setelah itu darah dikirimkan ke seluruh tubuh oleh saluran pembuluh darah aorta.




Darah membawa oksigen ke seluruh tubuh melalui saluran halus darah yang disebut pembuluh kapiler. Darah kemudian kembali ke jantung melalui pembuluh darah vena. Sistem peredaran darah dalam tubuh ada dua, yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.

Peredaran Darah Besar

Sistem peredaran darah besar, yaitu darah yang banyak mengandung oksigen (O2) mengalir dari bilik kiri jantung ke seluruh tubuh (kecuali paru- paru) melalui arteri besar (aorta). Selanjutnya, terjadi pertukaran darah yang banyak mengandung oksigen dengan darah yang banyak mengandung karbon dioksida di seluruh tubuh. Darah yang banyak mengandung karbon dioksida kembali ke jantung melalui vena ke serambi kanan. Sistem peredaran darah besar adalah sebagai berikut.


Peredaran Darah Kecil

Sistem peredaran darah kecil, yaitu darah mengalir dari bilik kanan menuju paru-paru melalui arteri pulmonalis. Dalam paru-paru terjadi pertukaran darah yang banyak mengandung karbon dioksida (CO2) dengan darah yang banyak mengandung oksigen (O2). Darah yang banyak mengandung O2 kembali ke jantung melalui vena pulmonalis. Sistem peredaran darah kecil sebagai berikut.




Agar lebih jelas mengenai system peredaran darah manusia kalian bisa membuka video berikut ini






Rangkuman Materi Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 1 Muatan IPS

Manusia hidup dalam lingkungan tertentu. Lingkungan adalah ruang yang ditempati oleh makhluk hidup dan benda tidak hidup. Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Manusia tidak bisa hidup sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia pasti membutuhkan orang lain.


Secara kodratnya, setiap manusia akan berinteraksi. Interaksi antar individu, individu dengan kelompok. Interaksi tersebut dinamakan interaksi sosial. 


Interaksi sosial penting dilakukan oleh setiap individu. Karena dengan melakukan interaksi sosial, individu dapat mencukupi semua kebutuhan hidupnya. Contoh, saat kamu makan nasi, tentu nasi yang di makan berasal dari beras. Beras berasal dari padi yang ditanam petani. Sebelum menjadi beras, padi digiling oleh orang lain. Bahkan, nasi yang di makan merupakan masakan orang lain. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, interaksi juga merupakan sarana untuk mencapai tujuan bersama.


Interaksi sosial tidak selamanya mengarah kepada kebersamaan atau
persatuan. Oleh karena itu, interaksi sosial dibedakan menjadi dua (2) yaitu.
1. interaksi yang mengarah ke persatuan,
2. interaksi yang mengarah ke perpecahan.

Rangkuman Materi Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 1 Muatan SBdP

Tangga nada merupakan susunan berjenjang dari nada-nada pokok suatu sistem nada. Tangga nada dimulai dari salah satu nada dasar sampai dengan nada oktafnya, misalnya do, re, mi, fa, so, la, si, do. Tangga nada dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

Tangga Nada Mayor

Sebagai contoh, tangga nada A mayor adalah C, D, E, F, G, A, B, C’

Ciri-cirinya adalah sebagai berikut.
• Bersifat riang gembira.
• Bersemangat.
• Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do.
• Memiliki pola interval : 1 , 1 , ½, 1 , 1 , 1, ½.

Dalam teori musik, skala mayor atau tangga nada mayor adalah salah satu tangga nada diatonik. Skala ini tersusun oleh delapan not.
Interval antara not yang berurutan dalam skala mayor adalah: 1, 1, ½, 1, 1, 1, ½.

Tangga Nada Minor

Dalam teori musik, tangga nada minor adalah salah satu tangga nada diatonik. Tangga nada ini tersusun oleh delapan not.
Interval antara not yang berurutan dalam tangga nada minor (asli) adalah: 1, ½, 1, 1, ½, 1, 1.

Sebagai contoh, tangga nada A minor adalah A, B, C, D, E, F, G, A’. Tangga nada minor dapat dilihat sebagai mode musik ke-enam dalam tangga nada mayor. Tangga nada minor kadangkala dianggap mempunyai bunyi yang cenderung lebih sedih dibandingkan dengan tangga nada mayor.

Ciri-cirinya adalah sebagai berikut.

• Bersifat sedih.
• Kurang bersemangat.
• Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada La = A.
• Mempunyai pola interval : 1, ½ , 1 , 1 , ½ , 1 , 1.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Materi Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 1"