Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Budaya dan sosial bangsa Indonesia Kelas 5

Budaya dan sosial bangsa Indonesia Kelas 5 - Selamat pagi anak-anak, Bagaimana kabar kalian hari ini? Apakah kalian masih ingat pembelajaran kita kemarin mengenai Interaksi Sosial Manusia? Nah kali ini kita akan mempelajari mengenai Budaya dan sosial Bangsa Indonesia. Nah sebelumnya yuk kita baca bacaan berikut.

Siti, Dayu, Beni, Edo, Lani, dan Udin teman satu kelompok. Mereka sedang mengerjakan tugas kelompok. Tugas yang dikerjakan membuat berbagai macam pantun, Seperti pantun kanak-kanak, pantun muda, dan pantun tua.  Mereka bekerja sama dengan baik. Tidak ada satu anggota pun yang tidak melaksanakan tanggung jawabnya.



Tentunya kalian pernah bekerja kelompok bersama-sama dengan teman kalian bukan? Setiap anggota kelompok memiliki tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Coba kalian ingat ingat kembali pada saat kalian bekerja sama dalam kelompok, lalu

Identifikasilah bentuk tanggung jawab setiap anggota kelompokmu. Tuliskan hasilnya dalam buku tugas!



Tugas kelompok telah diselesaikan dengan cepat oleh Siti dan teman-temannya. Lani, Beni, dan Udin ditunjuk untuk mewakili kelompoknya membacakan pantun yang telah dibuat. Lani bertugas membaca pantun kanak-kanak. Pantun kanak-kanaknya sebagai berikut.



Beni bertugas membacakan pantun muda. Pantun mudanya sebagai berikut. 






Udin membacakan pantun tua. Pantun tuanya sebagai berikut.





Pantun diatas adalah pantun kanak-kanak, pantun muda, dan pantun tua. Semuanya hasil kerja kelompok Siti. Semua pantun dibuat empat baris. Dua baris dalam setiap bait pantun di atas merupakan sampiran. Dua baris  berikutnya merupakan isi pantun. 

Ciri-Ciri Pantun


Jenis puisi lama yang asal bermula dari kata patuntun ini pada dasarnya diharapkan dapat menjadi penuntun hidup bagi orang yang mendengar maupun membacanya. Tidak hanya sekadar berisi nasihat dan imbauan, penyampaiannya pun memiliki cirri khas yang begitu kental, seperti berikut ini.

1. Tiap Bait Terdiri atas Empat Baris
2. 8-12 Suku Kata di Tiap Baris
3. Memiliki Sampiran dan Isi
4. Bersajak a-b-a-b

Struktur Pantun


Setelah mengetahui ciri-ciri dan jenis pantun, Apakah kalian bisa membuat pantun kalian sendiri? Namun, sebelum kalian membuat pantun kalian sendiri. Ada baiknya kalian mengetahui Struktur pantun terlebih dahulu. Sesuai dengan ciri-cirinya, pantun terdiri atas 2 bagian yaitu. Sampiran dan Isi. Apa yang dimaksud dengan sampiran dan Isi?
 

Sampiran


Sampiran adalah bagian pantun yang terletak pada baris 1-2 yang merupakan awal dari sebuah pantun atau sampiran merupakan unsur/sketsa/pembayang suasana yang mengantarkan menuju isi atau maksud pantun tersebut.
 

Isi


Isi adalah bagian pantun yang terletak pada baris 3-4 yang merupakan isi kandungan/pokok atau tujuan dari pantun tersebut.


Ingatkah kamu pengertian pantun kanak- kanak, pantun muda, dan pantun tua? untuk mengingatnya, kerjakan soal berikut.

Apakah pantun kanak-kanak, pantun muda, dan pantun tua? Tuliskan dalam kolom berikut!

1. Pantun kanak-kanak adalah
2. Pantun muda adalah
3. Pantun tua adalah

Pantun merupakan cara yang tepat untuk menyampaikan nasihat. Nasihat bagi individu maupun kelompok. Pada pertemuan sebelumnya, telah disajikan pantun yang mengandung makna pentingnya kerja sama dan mufakat dalam masyarakat. 

Kerja sama dan mufakat merupakan warisan budaya masyarakat Indonesia. Warisan budaya inilah yang harus dipertahankan dan ditingkatkan.





Budaya dan sosial bangsa Indonesia perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Karena hal ini menjdai tanggung jawab warga masyarakat indonesia. 

Budaya dan sosial Bangsa Indonesia yang perlu dipertahankan diantaranya adalah sebagai berikut.


1. Membiasakan musyawarah mufakat dalam mengambil keputusan bersama.
2. Membiasakan tolong-menolong antarwarga masyarakat.
3. Ikut serta dalam kegiatan kerja bakti atau gotong-royong dalam masyarakat.
4. Menjaga interaksi yang baik antarwarga masyarakat. 
5. Membiasakan interaksi yang mengarah ke persatuan.
6. Menghindari interaksi yang mengarah ke perpecahan.

Misalnya, lingkungan tempat tinggalmu sedang tidak aman. Mengapa? Karena terjadi pencurian di beberapa rumah warga. Apa yang harus dilakukan warga masyarakat di tempat tinggalmu? Siapakah yang bertanggung jawab atas keamanan di lingkungan tempat tinggalmu?

Coba kalian kemukakan pendapatmu dan tuliskan pada kolom berikut!




Siti dan teman-teman telah mengerjakan tugas kelompok. Kemudian, mereka bersepeda keliling kampung tempat tinggalnya. Mereka bermain dengan bersepeda sekaligus berolahraga. Karena berolahraga dapat menjaga kesehatan tubuh. Siti dan teman-temannya mempunyai hobi yang sama. Hobi mereka bersepeda. Tiba-tiba, ada seorang pengendara sepeda motor dan seoarang ibu yang membonceng meberhentikan Siti dan teman-temannya.

Kedua orang itu berhenti di pinggir jalan. Ternyata kedua orang itu mennayakan alamat rumah Pak RW. Bagaimana seharusnya sikap Siti dan teman-temannya? Karena Siti dan teman-temannya sebagai warga yang baik dan bertanggung jawab. Untuk memmahai hal ini, lakukkan kegiatan berikut.


Bagaimana sikapmu ketika ada seseorang yang menanyakan alamat rumah Pak RW di kampungmu ?


Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut. Siti dan teman-temanya telah menjawab pertanyaan tersebut. Mereka melanjutkan acara bersepeda keliling kampung.

Setiap warga masyarakat mempunyai tanggung jawab. Tanggung jawab ikut serta dalam menciptakan ketenangan, keamanan, dan ketertiban. Apa upaya yang dapat dilakukan warga masyarakat untuk menciptakan ketenangan, kemanan, dan ketertiban dalam masyarakat? Diskusikan dengan orang tuamu.

Posting Komentar untuk "Budaya dan sosial bangsa Indonesia Kelas 5"